Perbedaan Manajer dan Pemimpin




Suatu Ketika ada sebuah pertanyaan . " Aku sudah membaca semua tentang kepemimpinan, telah menerapkan beberapa ide , dan pikir saya melakukan pekerjaan yang baik dalam memimpin tim saya . Bagaimana saya tahu ketika saya menjadi seorang pemimpin daripada seorang manajer?," tanya dia,

Saya belum menyiapkan jawaban yang pasti dan itu adalah masalah yang rumit, jadi kami memutuskan untuk berbicara pada hari berikutnya. Saya berpikir panjang dan keras, dan dan akhirnya saya menemukan tiga hal  yang akan membantu Anda memutuskan apakah Anda telah membuat pergeseran dari mengelola orang dan telah manjadi pemimpin bagi mereka .

Menghitung nilai versus Menciptakan nilai, jika Anda sedang menghitung nilai, Anda tidak bisa menambahkannya ketika Anda mengelola orang. Jika pemotong berlian diminta untuk melaporkan setiap 15 menit berapa banyak batu yang telah dipotong, itu akan mengganggu dia dan bos-nya akan mengurangkan nilai .

Sebaliknya, pemimpin berfokus pada menciptakan nilai, Seseorang mengatakan : " Saya ingin Anda untuk menangani A sementara aku berurusan dengan B. " Dia menghasilkan nilai lebih di atas apa yang tim kerjanya ciptakan, dan sebanyak nilai - pencipta sebagai pengikutnya. Memimpin dengan contoh adalah  keunggulan dari kepemimpinan berbasis tindakan .

Lingkaran pengaruh versus kekuasaan . Sama seperti manajer memiliki bawahan dan pemimpin memiliki pengikut , manajer membuat lingkaran kekuasaan sementara pemimpin menciptakan lingkaran pengaruh .

Cara tercepat untuk mengetahui mana dari dua yang Anda lakukan adalah menghitung jumlah orang di luar hirarki pelaporan yang datang kepada Anda untuk meminta nasihat. Semakin banyak yang melakukan hal tersebut , semakin besar kemungkinan adalah bahwa Anda dianggap pemimpin.

Memimpin orang versus Mengelola pekerjaan . Manajemen terdiri dari mengendalikan kelompok atau satu set entitas untuk mencapai tujuan. Kepemimpinan mengacu pada kemampuan individu untuk mempengaruhi , memotivasi , dan memungkinkan orang lain untuk memberikan kontribusi terhadap keberhasilan organisasi . Pengaruh dan inspirasi pemimpin terpisah dari manajer, bukan kekuasaan dan kontrol .

Di India , M.K. Gandhi mengilhami jutaan orang untuk memperjuangkan hak-hak mereka , dan ia berjalan bersama bahu-membahu dengan mereka sehingga India bisa mencapai kemerdekaan pada tahun 1947 . Visinya menjadi dambaan setiap orang dan memastikan bahwa dorongan negara untuk kemerdekaan tak terbendung . Dunia membutuhkan pemimpin seperti dia yang bisa berpikir di luar masalah , memiliki visi , dan menginspirasi orang untuk mengubah tantangan menjadi peluang , langkah pada satu waktu .

Saya mendorong rekan saya untuk menempatkan teori ini untuk menguji dengan mengundang rekan satu timnya untuk chatting . Ketika mereka berhenti membahas tugas di tangan dan berbicara tentang visi, tujuan, dan aspirasi, saat itulah Anda akan tahu bahwa Anda telah menjadi seorang pemimpin .

No comments:

Post a Comment